Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulDEVELOPMENT OF DESIGN AND VALIDITY TEST OF THE PHYSICAL EDUCATION LEARNING QUALITY ASSESSMENT INSTRUMENT "QUALLIS" INDONESIAN VERSION
JenisDesain
DeskripsiUpaya peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari proses penilaian yang di lakukan. Proses
penilaian akan berguna untuk mengetahui seperti apa kualitas pendidikan yang sedang dijalankan.
Untuk melakukan penilaian diperlukan instrumen, instrumen yang digunakan sebaiknya juga telah lebih
dahulu memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya dan
dapat mengukur sesuai dengan apa yang harus di ukur. Hasil penilaian dapat merepresentasikan kualitas
yang ingin di ukur melalui nilai.
Pada pendidikan jasmani di Indonesia jarang dilakukan penilaian secara independen di luar yang
disediakan pemerintah, sedangkan sistem penilaian yang diselenggarakan pemerintah melalui adanya
akreditasi dan monitorting dan evaluasi (monev) dilakukan hanya beberapa tahun sekali. Padahal proses
pembelajaran pendidikan jasmani ini dapat berubah-ubah dengan dinamis. Maka dari itu sudah
seharusnya penilaian kualitas pembelajaran pendidikan jasmani ini perlu dilakukan secara berkala.
Peneliti meyakini, semakin rutin penilaian dilakukan maka semakin baik monev yang dapat dilakukan.
Tentunya monev ini harus ditindak lanjuti dengan menyusun solusi program baru untuk mengatasi
kelemahan yang ada.
Jerman, salah satu negara dengan kualitas pendidikan jasmani yang baik telah memiliki sistem
penilaian kualitas pendidikannya sendiri. Kaitanya dengan penilaian kualitas pendidikan jasmani ini,
Jerman mengembangkan sebuah instrumen penilaian kualitas pendidikan jasmani yang dikenal dengan
QUALLIS. QUALLIS versi Jerman memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi, sehingga otoritas
Jerman menggunakan instrumen QUALLIS untuk menilai kualitas pendidikan jasmani di negara
tersebut. Mengacu berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari instrumen QUALLIS, peneliti meyakini
jika instrumen QUALLIS juga akan bermanfaat dalam menilai kualitas pendidikan jasmani di
Indonesia.
Tahun(not set)