Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulTraining on Higher Order Thinking Skills (HOTS)-based Teaching Methods for Teachers of SMP IT in D.I. Yogyakarta
JenisDesain
DeskripsiPengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) bagi guru SMPIT di DI Yogyakarta. Pengabdian ini menggunakan pendekatan pelatihan dan pendampingan. Pada kegiatan pelatihan, pengabdi melakukan pelatihan kepada pendidik tentang pembelajaran berbasis masalah. Kegiatan pelatihan ini dilanjutkan dengan workshop dikuti pendampingan bagi guru, sehingga di akhir program pendidik memanfaatkan bahan ajar untuk melaksanakan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil riset oleh Jailani & Retnawati (2016). Hasil pengabdian yang diperoleh adalah terlaksananya pelatihan pembelajaran berorientasi HOTS untuk 25 guru mata pelajaran Matematika dan Fisika SMP Islam Terpadu di DI Yogyakarta. Materi pelatihan berupa metode pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan HOTS siswa, dan dilanjutkan dengan pendampingan terhadap guru peserta di sekolah.
Tahun(not set)