Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulMinat Perusahaan Dan Konsumen Terhadap Sertifikasi Halal Produk Olahan Daging Di Daerah Istimewa Yogyakarta
JenisKebijakan
DeskripsiPerusahaan yang memiliki sertifikat dan mencantumkan label halal berharap akan memperoleh dampak positif dalam penjualan produknya hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya makanan yang sehat, berkualitas dan terjamin kehalalannya. Untuk itu penelitian bertujuan mengetahui: 1) minat perusahaan produk olahan daging di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memperoleh sertifikat halal dan 2) minat konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membeli produk olahan daging yang bersertifikat halal. Jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi 45 perusahaan/pelaku usaha dan sampel 6 perusahaan, populasi konsumen 2400 terdiri dari konsumen umur 20 tahun sd 69 tahun. Penentuan sampel menggunakan atabel Izzac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% didapatkan sampel 243 konsumen Hasil penelitian minat perusahaan produk olahan daging di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memperoleh sertifikat halal dari aspek pengetauan masuk katagori sangat tinggi, dari aspek persepsi masuk katagori tinggi dan aspek pengurusan sertifikat halal masuk katagori sedang. Dapat disimpulkan tingginya pengetahuan produsen tentang mekanisme pengajuan sertifikasi halal dan persepsi terhadap sertifikasi halal tidak atau belum tentu menumbuhkan minat produsen untuk mengurus sertifikat halal produknya. Minat konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta membeli produk olahan daging yang bersertifikat halal pada aspek minat transaksional, minat preferensial, minat preferensial, dan minat eksploratif masuk pada katagori tinggi.
Tahun(not set)