Status | Penerapan |
---|---|
Judul | PEMBERDAYAAN & PENDAMPINGAN GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM KEGIATAN BEST PRACTICE DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH YANG MENDUKUNG PROGRAM KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) |
Jenis | Kebijakan |
Deskripsi | Guru-guru matapelajaran, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di sekolah memiliki pengalaman dalam pengelolaan kelas, kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan-kegiatan insidental lainnya. Namun demikian, seringkali kegiatan-kegiatan tersebut belum terdokumentasi dengan baik sebagai laporan atau dokumen bukti fisik yang menggambarkan telah terlaksananya kegiatan. Pentingnya penyusunan laporan best practice ini baru disadari ketika diperlukan sebagai dokumen pendukung akreditasi, atau rujukan bagi sekolah-sekolah sekitar yang memerlukan model percontohan. Best practice merupakan kegiatan yang telah diselenggarakan guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan dan memberi dampak signifikan terhadap pengelolaan sekolah, pembiasaan yang baik. Dampak secara luas akan lebih terwujud jika hasil best practice tersebut dikirim ke jurnal terakreditasi sebab akan banyak pembaca yang mengetahui temuan yang sudah diterapkan di sekolah. Namun demikian masih banyak guru yang belum memiliki rasa percaya diri dalam membuat artikel dan mengirimkannya ke jurnal ilmiah. Hal ini menghambat program keprofesian berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan terhadap kepala sekolah dan guru-guru di SMPIT Masjid Syuhada Kota Yogyakarta dalam menyusun artikel ilmiah. Kegiatan melibatkan guru-guru mata pelajaran di SMPIT Masjid Syuhada Kota Yogyakarta. Hasil akhir sebagai dampak pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa program pendampingan yang telah dilakukan telah berhasilkan meningkatkan keterampilan guru-guru mata pelajaran DMP IT Masjid Syuhada dalam menyusun best practice dan menjadikannya artikel ilmiah yang siap dikirim ke jurnal bereputasi |
Tahun | (not set) |