Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPELATIHAN PENYUSUNAN RPP MELALUI PENGINTEGRASIAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI GURU-GURU MGMP IPS DI KABUPATEN BANTUL
JenisModel
DeskripsiPerencanaan pembelajaran sangat menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Berlakunya dua kurikulum pendidikan saat ini, yakni sebagian menggunakan kurikulum 2006 sementara sebagian yang lain yakni sekolah yang menjadi pelaksana terbatas kurikulum 2013, menerapkan kurikulum tersebut. Secara prinsipil standar proses pembelajaran dalam kurikulum 2006 menerapakan langkah-langkah saintifik dalampembelajarannya, yakni terdapat dalam prinsip CTL. Oleh karenanya, sangat penting untuk memberikan pelatihan bagaimana mengintegrasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kurikulum 2006.
Pelatihan ini dilakukan dengan beberapa kegiatan. Kegiatan pertama yakni pemberian informasi tentang standar proses dalam kurikulum 2006, strandar proses dalam kurikulum 2013, dan teknik mengintegrasikan kegiatan 5 M dalam kurikulum 2006. Dengan pembicara untuk masing-masing materi yakni tim PPM dari Prodi PIPS FIS UNY. Kegiatan kedua yakni praktek menyusun RPP. Ketiga revisi setelah mendapat masukan dari tim PPM. Keempat tindak lanjut, yakni guru melaksanakan langkah-langkah 5 M meskipun menggunakan kurikulum 2006.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini secara umum berjalan sesuai dengan tujuan kegiatan dan berjalan lancar. Partisipasi guru-guru IPS yang tergabung dalam MGMP antusian dalam mengikuti kegiatan. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru-guru. Praktek menyusun RPP yang terintegrasi 5 M pun menunjukkan keseriusan. Harapannya dari guru-guru yang mengikuti pelatihan akan dapat menularkan pengetahuan dari pelatihan di SMP N 3 Banguntapan Bantul.
Tahun(not set)