Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulKEEFEKTIFAN POLA BIMBINGAN KEJURUAN KELOMPOK BERBASIS DARING DALAM PENINGKATAN KESIAPAN SISWA SMK MEMASUKI DUNIA KERJA
JenisModel
DeskripsiPola bimbingan kejuruan kelompok berbasis daring dapat digunakan sebagai salah satu langkah strategis dalam upaya peningkatan kesiapan siswa memasuki dunia kerja di masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, faktor pendukung dan kendala dalam implementasi pola bimbingan kejuruan kelompok berbasis daring dalam meningkatkan kesiapan siswa SMK memasuki dunia kerja. Pendekatan penelitian menggunakan preetest and postest group design. Subjek penilitan siswa SMKN 3 Yogyakarta, dengan teknik pengambilan data melalui angket. Teknik analisis data menggunakan uji beda statistik paired t test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Tingkat efektivitas pola bimbingan kejuruan kelompok berbasis daring terhadap kesiapan siswa SMK memasuki dunia kerja termasuk dalam kategori baik, dengan skor 3,08. Faktor pendukung utama keberhasilan implementasi bimbingan kejuruan kelompok berbasis daring yang paling dominan adalah kemampuan guru pembimbing yang cakap. Adapun yang menjadi kendala utama adalah ketersediaan guru pembimbing yang kurang, dan keterlibatan siswa yang kurang aktif dalam proses bimbingan daring.
Tahun(not set)