Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPENINGKATAN KOMPETENSI TATA BAHASA PRANCIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY
JenisKebijakan
DeskripsiPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tata Bahasa Prancis mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis dengan menggunakan model inquiry. Model inquiry dilaksanakan dalam tujuh tahap, yaitu: developing a question, generating a hypothesis, developing an experimental desain, collecting and recording data, analizing data, reaching conclusions, forming and extending generalizations, communicating results.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus mulai 2 Mei sampai dengan 27 Mei 2016 di FPBS UNY. Subjek Penelitian ini, yaitu mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis yang menempuh mata kuliah Grammaire 4 kelas E dan J yang berjumlah 21 orang: 17 wanita dan 4 pria. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran grammaire dari pratindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Indikator keberhasilan proses nampak pada keaktifan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Rerata keaktifan kelas mencapai 70.47% pada siklus pertama, dan 77.1% pada sikus kedua. Indikator keberhasilan produk adalah meningkatnya kompetensi tata bahasa Prancis mahasiswa yang tercermin pada peningkatan skor rata-rata pada siklus pertama dan kedua. Perbedaan skor pre-test dan post-test pada siklus pertama dan siklus kedua signifikan, karena hasil uji paired sample t-test baik pada siklus pertama maupun kedua diperoleh p (0.001) < 0.05.
Tahun(not set)