Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusPenerapan
JudulPELATIHAN PERSONAL DAN SOCIAL SKILL MELALUI METODE LATIHAN PEMECAHAN MASALAH (LPM) BAGI ANAK JALANAN DI KABUPATEN SLEMAN
JenisModel
DeskripsiTahun 2014 Aman, dkk melakukan penelitian yang berjudul: Pengembangan Model Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Peningkatan Personal dan Social Skill Bagi Anak Jalanan.Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan karakter Sebagai Upaya Peningkatan Personal dan Social Skill Bagi Anak Jalanan melalui model Latihan Pemecahan Masalah (LPM) menunjukkan hasil yang signifikan di mana ada perubahan personal dan social skill anak jalanan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran, rerata skor personal skill sebelum pelatihan adalah 3,37 sedangkan skor setelah pelatihan adalah 3,82. Adapun rerata skor social skill sebelum pelatihan 3,42 sedangkan skor setelah pelatihan adalah 3,98.
Berdasarkan uraian di atas, TIM PPM UNY dipertimbangkan perlu dilakukan kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat pelatihan personal dan social skill melalui metode latihan pemecahan masalah (LPM) bagi anak jalanan. Diharapkan dengan diadakan pelatihan dapat meningkatkan keterampilan personal dan social skill bagi Anak Jalanan. Mencegah terpinggirkannya peran Anak Jalanan dalam pengabdiannya sebagai anak bangsa, memperkuat pelaksanaan otonomi daerah melalui peningkatan mutu/kualitas sumberdaya manusia, dan terwujudnya keadilan pendidikan bagi anak jalanan di perkotaan melalui metode latihan pemecahan masalah (LPM) bagi anak jalanan.
Melihat kondisi tersebut, maka Tim Pengabdian memandang perlu diselenggarakan sebuah program memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan tentang pelatihan personal dan social skill melalui metode latihan pemecahan masalah (LPM) bagi anak jalanan karena keterbatasan waktu, dana, dan tenaga, dibatasi pada Anak Jalanan Se-Kabupaten Sleman dan difokuskan pada peningkatan kemauan (motivasi), pemahaman, kemampuan mengaplikasikan personal dan social skill melalui metode latihan pemecahan masalah (LPM) bagi anak jalanan. Harapannya, setelah pelatihan, anak jalanan dapat memecahkan masalah yang di hadapi karena mempunyai kecakaan personal dan sosial
Tahun(not set)