Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusProduk
JudulPenerapan Prinsip Kerja Sama dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah
JenisKebijakan
DeskripsiPenerapan Prinsip Kerjasama dalam materi ajar untuk berkomunikasi lisan yang ada dalam buku ajar Bahasa Inggris Program Peminatan sekolah menengah atas dan madrasah aliyah, dilihat dari dua sisi: (a) ditaati dan (b) tidak ditaati, dan untuk yang tidak ditaati ditentukan strateginya, yaitu (a) melanggar maksim dan (b) mengambangkan maksim. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi.Sumber datanya adalah buku ajar Pathway to English yang ditentukan secara purposive sampling dan dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan pragmatik.Unit analisisnya adalah bahasa tutur dalam konteks percakapan terkecil.Luaran penelitian berupa data deskriptif penerapan Prinsip Kerjasama, yang diharapkan dapat menjadi masukan kepada para penulis buku ajar dalam merevisi buku-buku ajar yang digunakan untuk memenuhi tuntutan kurikulum sekolah.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ke-empat maksim dalam Prinsip Kerjasama sudah diterapkan dalam teks percakapan dalam buku Pathway to English, baik Buku I maupun Buku II.Dari keempat maksim tersebut, Maksim Kualitas dan Maksim Pelaksanaan diterapkan 100%. Maksim yang sering tidak ditaati adalah Maksim Kuantitas; dari 86 data yang dianalisis, 27 data (31%) menunjukkan adanya ketidak-taatan terhadap Prinsip Kerjasama, yaitu dengan memperbanyak informasi dari yang mestinya disampaikan. Hal ini terjadi mengingat percakapan yang dirancang dalam kedua buku tersebut dimuati unsur pembelajaran bahasa, terutama dalam penggunaan kalimat yang lengkap dan bukan kalimat ellipsis.

Tahun(not set)