Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPengetahuan Mahasiswa Program Master PPs UNY tentang Konsep Karya Ilmiah
JenisModel
DeskripsiMenulis karya ilmiah berupa tesis itu menjadi momok yang menakutkan. Kendala umum yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah berupa tesis, diantaranya: (1) Malas. Secara umum malas mengerjakan penulisan merupakan permasalahan umum kendala menulis tesis; (2) Suka Menunda (procrastinating). Suka menunda-nunda juga merupakan kendala umum yang banyak dihadapi oleh banyak mahasiswa ketika mengerjakan tesis; (3) Kurang mengetahui Seluk-beluk dan Kurang Pengalaman Menulis Karya Ilmiah; (4) Kurang Menguasai Topik yang Dibahas di Karya Ilmiah yang Sedang Dibuat; (5) Kurang Membaca Literatur. Beberapa kendala menulis karya ilmiah ini sering dihadapi oleh para mahasiswa dalam menulis tesis. Di sisi lain menurut Adnan (1990) membaca belum menjadi kebutuhan, bisa jadi ini merupakan karena hambatan budaya. Fenomena ini nampaknya yang menjadikan keterampilan untuk menulis tesis menjadi kendala bagi para mahasiswa. Berdasarkan latar belakang, indifikasi dan pematasan masalah sebagaimana tersebut di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut: Seberapa besar tingkat pengetahuan mahasiswa program master (S-2) PPs UNY tentang konsep karya ilmiah (penulisan tesis)?
Dalam rangka menjawab rumusan masalah sebagaimana tersebut di atas ini maka dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik tes. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan variabel tingkat pengetahuan mahahasiswa program mater (S2) PPs UNY tentang konsep karya imiah (tesis). Berdasarkan teknik dan alat pengumpul data, teknik analisis data yang digunakan, adalah analisis kuantitatif. Analisis deskriptif ini akan mengunakan uji kecendrungan sentral dan variabilitas, dengan mengitung mean, median dan modus dari dari skor instrumen tersebut (Nurgiantoro, Gunawan dan Marzuki,
2004).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa Program Master (S-2) PPs UNY tentang konsep karya ilmiah masih kurang. Kekurangan-kekurangan itu secara lebih rinci terkait dengan 5 (lima) faktor, yaiatu (1) tingkat pengetahuan tentang konsep pemanfaatan dan tinjauan pustaka/telaah literature; (2) tingkat pengetahuan tentang konsep berpikir dan pendekatan metode ilmiah; (3) tingkat pengetahuan tentang kosep masalah penelitian; (4) tingkat pengetahuan konsep jenis dan desain penelitian; dan (5) tingkat pengetahuan tentang konsep penerapan teori dan hipotesis.
Tahun(not set)