Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulBUKU PANDUAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SENAM SEKOLAH DASAR
JenisModel
DeskripsiPenilaian autentik adalah pengukuran "prestasi intelektual yang berharga, penting, dan bermakna,’’
penilaian otentik dapat dirancang oleh guru, atau bekerja sama dengan peserta didik.
Ketika menerapkan penilaian otentik dalam proses pembelajaran, guru menerapkan kriteria yang terkait dengan "konstruksi pengetahuan, melalui penyelidikan, dan nilai prestasi luar sekolah

Pelatihan penilaian otentik dalam pembelajaran senam sekolah dasar di Kabupaten Purworejo dilatar belakangi perlu adanya penyatuan konsep tentang penilaian otentik dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk materi senam. Untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut maka perlu adanya pelatihan-pelatihan bagi guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Tim pengabdi ingin ikut berperan aktif dalam pemecahan masalah yang dihadapi para guru pendidikan jasmani di kabupaten Magelang dengan cara mengadakan pelatihan penilaian otentik dalam pembelajaran pendidikan jasmani khusus untuk materi pembelajaran senam di sekolah dasar. Tujuanya adalah untuk memberikan pemahaman dan kemampuan untuk melaksanakan penilaian otentik dalam senam.
Metode yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam pengabdian ini, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan juga praktik. Khalayak sasaran atau peserta pelatihan ini adalah guru penjas sebanyak 41 orang di Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Peserta memperoleh materi pelatihan (teori dan praktik), sehingga memudahkan para peserta untuk melaksanakan penilaian otentik dalam senam.
Berdasarkan hasil pelaksanaan PPM dan pembahasan dapat disimpulkan, bahwa PPM Pelatihan penilaian otentik dalam senam bagi guru penjas di Kabuoaten Purworejo berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan dengan sangat baik.




Tahun(not set)