Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulEVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNY
JenisKebijakan
DeskripsiPermasalahan pokok dalam program pendidikan karakter di perguruan tinggi selama ini adalah mengenai opsi apakah pendidikan karakter dijadikan mata kuliah tersendiri atau terintegrasi dalam semua mata kuliah. Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY membentuk mata kuliah tersendiri yakni mata kuliah pendidikan Karakter, di samping juga terintegrasi dengan mata kuliah yang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta selama ini, 2) hambatan-hambatan apa yang dirasakan berpengaruh dalam implementasi pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, dan 3) upaya-upaya yang dilakukan fakultas dan dosen dalam implementasi pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan strategi yang digunakan mengingat penelitian tersebut sudah direncanakan secara terperinci dalam proposal sebelum peneliti terjun ke lapangan, maka strateginya yang cocok adalah embedded research (penelitian terpancang). Adapun langkah-langkahnya adalah 1) pengumpulan sumber melalui teknik angket); 2) mereduksi data dengan tujuan untuk menyederhanakan dan mengkategorisasi data; 3) menyajikan data dalam bentuk deskripsi rerata; 4) menarik kesimpulan dan 5) menyusun laporan penelitian, dan merumuskan rekomendasi hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY sudah terselenggaran sejak tahun 2010 sampai sekarang manjadi mata kuliah tersendiri 2) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY adalah sebagai berikut: 1) sistem perkuliahan memerlukan waktu yang cukup panjang sementara kuliah terjadwal secara formal dibatasi 16 pertemuan; 2) prasarana belum lengkap terbatas pada 2 ruang kuliah pendidikan karakter kurang refresentatif sementara kelompok belajarnya cukup banyak, 3) kurangnya peralatan komputer untuk menampilkan video-video bernuansa karakter, 4) media dan peralatan yang kurang terawat sehingga pelaksanaan pendidikan karakter di kelas kurang optimal; 3) upaya-upaya yang dilakukan prodi dalam implementasi pendidikan karakter di Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebagai berikut: 1) dibentuk tim mata kuliah pendidikan karakter yang terdiri atas dua orang dosen sebagai tim yang betanggungjawab dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program; 2) ditunjuknya administrasi prodi sebagai teknisi yang menyiapkan peralatan dan media untuk mendukung perkuliahan pendidikan karakter di dalam kelas; 3) dibentuknya tim evaluasi program untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi pendidikan karakter yang merekomendasikan apakah pendidikan karakter harus diperbaiki atau diseting dalam situasi yang khusus untuk meningkatkan luaran yang lebih efektif.
Tahun(not set)