Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPENINGKATAN SIKAP INGIN TAHU, JUJUR, DAN TELITI MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BAGI SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK 2 SMK NEGERI 2 WONOSOBO SEMESTER 3 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
JenisModel
DeskripsiSikap ilmiah merupakan sikap yang diharapkan dimiliki siswa sebagai hasil pembelajaran fisika. Sikap ilmiah perlu dibangun untuk membentuk siswa yang memiliki pribadi baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ingin tahu, jujur, dan teliti melalui pembelajaran fisika menggunakan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas XI Teknik Intel 2 SMK Negeri 2 Wonosobo Semester 3 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan sikap ingin tahu, jujur, dan teliti siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 2 Wonosobo semester 3 tahun pelajaran 2016/2017. Rata-rata sikap ingin tahu siswa dapat ditingkatkan mulai prasiklus sebesar 1,97 (cukup), siklus I sebesar 2,39 (baik), dan siklus II sebesar 2,83 (baik). Rata-rata sikap jujur siswa dapat ditingkatkan dari prasiklus sebesar 2,08 (cukup), siklus I sebesar 2,54 (baik), dan siklus II sebesar 3,54 (sangat baik). Rata-rata sikap teliti siswa dapat ditingkatkan dari prasiklus sebesar 1,69 (cukup) menjadi 2,89 (baik) pada siklus I dan siklus II.
Kata kunci: ingin tahu, jujur, teliti, pembelajaran fisika, penemuan terbimbing.
Tahun(not set)