Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPelatihan Penyusunan Jadwal Mata Pelajaran di Sekolah dengan Perangkat Lunak FET
JenisTeknologi Tepat Guna (TTG)
DeskripsiMasalah penyusunan jadwal kegiatan belajar mengajar di sekolah dari tahun ke tahun selalu muncul pada awal tahun ajaran. Sampai saat ini banyak sekolah yang didalam penyusunan jadwal sekolah dengan sistem manual tanpa melakukan perhitungan antara kebutuhan kegiatan belajar mengajar dengan sarana yang ada baik ruang kelas maupun guru pengajar. Sering kali suatu jadwal disusun dan dicoba penerapannya dan bila terdapat kesalahan maka diperbaiki lagi dan dicoba lagi dengan perbaikan sampai akhirnya dapat dijalankan dan akibatnya kegiatan belajar mengajar sering terganggu. Terdapat suatu anggapan bahwa suatu jadwal dikatakan benar jika jadwal setelah dijalankan tidak terjadi seorang guru mengajar di dua kelas pada saat yang bersamaan, padahal setelah dikaji lebih mendalam didalam jadwal tersebut masih banyak kelemahan diantaranya kurang optimalnya pemanfaatan ruang kelas dan pembagian jenis pelajaran yang tidak merata yaitu ada suatu kelas pada hari yang sama mendapatkan jenis mata pelajaran yang begitu banyak sehingga anak didik dibebani jenis pelajaran yang banyak.
Penyusunan jadwal pelajaran biasanya dilakukan oleh wakasek kurikulum. Pekerjaan ini membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, apalagi untuk sebuah Sekolah dengan jumlah guru yang banyak. Hampir semua wakasek menyusun jadwal dengan cara manual, padahal penyusunan dapat dibantu dengan software khusus seperti FET. Software ini merupakan software penjadwalan yang bersifat open source. Sangat membatu dalam pengaturan jadwal Pelajaran sekolah. FET merupakan software yang diberikan gratis oleh pembuatnya dan bebas digunakan siapa saja dengan kata lain, tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Penggunaan software FET ini tidak perlu menginstal karena bersifat portable. Jadi cukup diextract dan langsung jalankan.
Khalayak sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan pengamatan dan dari tanya jawab dan diskusi dengan peserta pelatihan, tampak bahwa guru antusias mengikuti kegiatan pelatihan. Setelah mengikuti pelatihan, mereka bermaksud mencoba untuk menggunakan perangkat lunak FET dalam penyusunan jadwal pelajaran disekolah maupun jadwal Ujian Tengah Semester dan jadwal Ujian Akhir Semerster.
Tahun(not set)