Status | Produk |
---|---|
Judul | Model Individual Student Planning Untuk Meningkatkan Career Readiness Siswa di SMA |
Jenis | Model |
Deskripsi | Komponen model individual student planning untuk meningkatkan kesiapan karier siswa tediri dari: (a) rasional, (b) tujuan, (d) target intervensi, (e) peran konselor, (f) bentuk intervensi (g) evaluasi dan indikator keberhasilan. Tujuan Dikembangkan Model a. Untuk dijadikan pedoman dalam memfasilitasi individual student planning di SMA. b. Untuk dijadikan pedoman dalam memfasilitasi kebutuhan siswa untuk meningkatkan career readiness yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA. c. Untuk dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan bimbingan karier guna memfasilitasi kebutuhan siswa untuk meningkatkan career readiness siswa SMA. Model layanan individual student planning dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan career readiness siswa. Target intervensinya adalah siswa kelas XI di SMA kota Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 150 siswa. Jumlah subjek tersebut terdiri dari semua jurusan yang ada di SMA seperti jurusan IPA dan IPS. Peran konselor dalam memberikan bimbingan karier secara umum pada model individual student planning untuk mengembangkan career readiness adalah sebagai perencana, fasilitator, evaluator serta administrator. Bentuk intervensi individual student planning untuk meningkatkan career readiness dengan memberikan layanan bimbingan klasikal. Pada akhir proses pemberian layanan, konselor dan siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dijalankan. Siswa diminta untuk menjelaskan tentang proses penyelesaian dan pemecahan masalah. Konselor melakukan evaluasi dengan memberikan skala kesiapan karier kepada siswa, agar dapat mengetahui seberapa besar kesiapan karier yang dimiliki siswa. |
Tahun | (not set) |