Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulMODEL PENILAIAN SPATIAL THINKING PADA MATERI GEOGRAFI SMA
JenisModel
DeskripsiCakupan model instrumen penilaian spatial thinking pada materi geografi SMA terintegrasi antara aspek spatial thinking dan materi geografi SMA untuk memahami variasi objek, fenomena, potensi, masalah yang ada di ruang mukabumi beserta atribut, karakter dan warna wataknya. Model ini diperoleh menggunakan kajian metode Research and Development dari Borg dan Gall dengan sepuluh langkah tahapan yang disederhanakan menjadi tiga tahap penelitian yang pada intinya sama digunakan dalam penelitian ini. Tahap awal yaitu melakukan kajian pendahuluan, selanjutnya melakukan perancangan dan pengembangan (design and development), dan terakhir yaitu melakukan uji implementasi pada subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri atas ahli materi/pakar pendidikan geografi, pakar evaluasi, dan praktisi/guru geografi. Teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner. Validitas isi dan konstrak melalui validasi ahli dengan Focus Group Discussion (FGD). Validasi dianalisis secara deskriptif didasarkan atas kategorisasi distribusi skor hasil penilaian.
Produk model instrumen penilaian spatial thinking pada materi geografi SMA ini sebagai salah satu landasan sumber belajar. Berdasarkan penilaian ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi/guru dinyatakan bahwa model instrumen penilaian spatial thinking pada materi geografi sebagai salah satu landasan pengembangan sumber belajar layak digunakan.
Tahun(not set)