Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPENERAPAN STRATEGI MEMBACA DAN MENULIS BERIMBANG DI KELAS AWAL BAGI GURU-GURU SD DI DESA SENDANGREJO, MINGGIR, SLEMAN
JenisPrototype
DeskripsiDRAFT ARTIKEL HASIL PPM
Permasalahan pembelajaran membaca dan menulis di kelas awal sekolah dasar cukup pelik dan masih banyak ditemui di beberapa sekolah pada wilayah gugus I Sendangrejo Minggir Sleman. Guru masih kesulitan dalam menanganinya. Permasalahan tersebut digunakan sebagai dasar penentuan kegiatan PPM ini, yaitu Pelatihan Penerapan Strategi Membaca dan Menulis Berimbang di Kelas Awal bagi Guru-guru SD di Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran membaca dan menulis berimbang bagi siswa kelas awal SD.
Khalayak sasaran adalah 30 guru sekolah dasar di lingkungan Sendangrejo Minggir Sleman yang terdiri atas SD Balangan I, SD Balangn II, SD Nglengking, SD Sendangharjo, dan SD Dalangan. Kegiatan PPM diwujudkan dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan. Evaluasi kerja meliputi evaluasi pemahaman peserta terhadap materi, dilihat dari unjuk kerja, hasil karya, angket evaluasi pelaksanaan PPM, dan hasil observasi penerapan materi pelatihan saat pendampingan ke sekolah.
Kegiatan PPM dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pertama yaitu pelatihan telah terlaksana dengan baik. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman guru meningkat setelah mengikuti pelatihan. Rerata pemahaman awal peserta adalah 56, sedangkan rerata pemahaman setelah mengikuti pelatihan adalah 83. Kegiatan kedua yaitu pendampingan juga terlaksana dengan baik. Para guru peserta kegiatan telah mengimplementasikan materi ke dalam proses pembelajaran di kelas, 5 perwakilan guru yang diobservasi menunjukkan hasil praktik yang baik.
Tahun(not set)