Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulMODEL ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN CASE-METHODS SEBAGAI STRATEGI REALISTIK PENINGKATAN HOTS DAN DAYA SAING GLOBAL MAHASISWA PENDIDIKAN TATA BUSANA
JenisModel
Deskripsi Pembelajaran case-methods menjadi salah satu metode yang saat ini menjadi fokus diterapkan dalam pembelajaran di perguruan tinggi (Indikator Kinerja Utama Perguruan TinggiIKU-7), termasuk di dalamnya pembelajaran bidang busana.
Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah otentik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran case methods juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Pendidikan Tata Busana untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) agar mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan serta tuntutan global saat ini sehingga memiliki daya saing global. Berdasarkan survey awal, sebagian besar perguruan tinggi tata busana di Indonesia belum menerapkan pembelajaran case-methods dalam mata kuliahnya, karena: 1) belum adanya model dan panduan yang jelas bagaimana menerapkan pembelajaran
case-methods ini dalam pembelajaran bidang busana di perguruan tinggi termasuk bagaimana cara melakukan asesmen/penilaiannya; dan 2) pembelajaran bidang busana di perguruan tinggi pada masa pandemic Covid-19 dan new normal lebih banyak dilaksanakan secara daring menggunakan platform digital, sehingga masih memerlukan penyesuaian model case-methods yang tepat dalam pelaksanaannya agar efektif baik dari proses pembelajarannya maupun asesmennya. Oleh karena asesmen merupakan kegiatan yang penting dalam pembelajaran case-methods, maka perlu dikembangkan sebuah model asesmen dan pembelajaran case methods yang efektif diterapkan dalam pembelajaran busana di perguruan tinggi.


Tahun(not set)