Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPemberdayaan Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan
JenisModel
DeskripsiPENGEMBANGAN MODEL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DAN DEWAN PENDIDIKAN UNTUK KETERCAPAIAN
PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP KECAMATAN NGABLAK MAGELANG
ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan bagaimana prosedur pengembangan model pemberdayaan dewan pendidikan dan komite sekolah untuk ketercapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak, dan (2) mengetahui tingkat peran dewan pendidikan dan komite sekolah dalam pencapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak.
Metode penelitian ini menggunakan Research and Development yang terdiri atas empat kegiatan tahapan penelitian, yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap perencanaan model pemberdayaan dewan pendidikan dan komite sekolah untuk ketercapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak sebagai pengembangan bentuk produk awal, (3) tahap uji coba, evaluasi dan revisi melalui implementasi pada uji coba pendahuluan dan uji coba skala kecil, dan (4) tahap implementasi untuk mendapatkan tingkat peran dewan pendidikan dan komite sekolah dalam mendukung ketercapaian program pendidikan karakter. Penelitian ini mengambil subjek penelitian yang dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba pendahuluan yang melibatkan 5 orang pakar dan praktisi pendidikan, uji coba skala kecil yang dicobakan pada 5 anggota dewan pendidikan dan 5 komite sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik FGD dan wawancara yang melibatkan kepala sekolah, anggota dewan pendidikan, anggota komite sekolah, dan guru. Adapun validitas data menggunakan teknik expert judgment, dan analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif dengan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prosedur mengembangkan model pemberdayaan dewan pendidikan dan komite sekolah untuk ketercapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak dengan menerapkan penelitian pengembangan secara prosedural, (2) tingkat pemberdayaan dewan pendidikan dan komite sekolah untuk ketercapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak yang dinilai oleh komite sekolah menunjukkan rerata skor 95.5 atau kategori sangat baik. Sedangkan tingkat peran dewan pendidikan dan komite sekolah untuk ketercapaian program pendidikan karakter di SMP di Kecamatan Ngablak yang dinilaikan oleh kepala sekolah sebesar 95.5 atau kategori sangat baik.
Kata Kunci: model, pemberdayaan, dewan pendidikan, komite sekolah, dan karakter.

Tahun(not set)