Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusPenerapan
JudulPenerapan Teknik Pembelajaran KWL Plus Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca
JenisModel
DeskripsiPembelajaran Bahasa Jerman di Indonesia telah berjalan sejak tahun 60-an, mulai tingkat SMA sampai tingkat perguruan tinggi sebagai disiplin ilmu tersendiri. Namun demikian permasalahan sering muncul pada tataran pembelajaran kelas, dimana siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran secara optimal. Secara khusus, dapat dicermati, bahwa kebanyakan siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran Leseunterricht (pelajaran membaca dan memahami teks). Situasi tidak kondusif ini tentu berdampak pada kurangnya keberhasilan pembelajaran. Salah satu penyebab kelemahan adalah ketidaktepatan dalam menentukan metode dan teknik pembelajaran, sehingga muncul suasana belajar yang menjenuhkan dan tidak menarik. Oleh sebab itu, dipandang perlu untuk menerapkan teknik belajar yang tepat, dalam rangka menciptakan pembelajaran membaca yang lebih menarik.
Istilah teknik pembelajaran mengandung beberapa unsur pengertian. Pertama adalah teknik, yaitu seluruh alat dan cara yang digunakan oleh pengajar untuk mencapai tujuan pelajaran (Fachrurrozi & Mahyudin, 2016: 20-21). Sedangkan unsur kedua adalah pembelajaran, yaitu upaya menciptakan interaksi antara individu dengan subyek belajar, dalam rangka membangun pengetahuan dan membentuk karakter (Nurdyansah & Fahyuni, 2016: 2). Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung pemahaman teks berbahasa Jerman adalah KWL Plus.
Tahun(not set)