Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulTRANSFORMASI DIGITAL : KAJIAN DAMPAK SOCIO-TECHNOLOGICAL BIDANG PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
JenisRekayasa Sosial
DeskripsiPenelitian ini merupakan penelitian literatur atau library research untuk mengungkap
perkembangan teknologi digital dan dampaknya kepada masyarakat secara umum termasuk
dalam hal dampaknya pada bidang industri, layanan sosial dan kesehatan. Kajian dampak
difokuskan pada dampak pada bidang Pendidikan terutama pendidian vokasional dan
implikasinya pada perubahan prinsip dan metode pembelajaran karena adopsi teknologi
informasi telah merubah cara berpikir masyarakat. Sehingga cara menyampaikan pelajaran,
cara belajar-mengajar cara berkomunikasi dan berkolaborasi, dan cara-cara menyelesaikan
masalah kehidupan masyarakat lainnya. Metode kajian dilakukan dengan mencari literatur yang
memiliki kualifikasi tinggi seperti buku-buku teks dan jurnal yang diterbitkan pada lima tahun
terkahir. Jurnal dipilih jurnal nasional pada kategori Sinta dan Jurnal internasional bereputasi,
yaitu jurnal yang terindek scopus. Analisis data dilakukan dengan membuat daftar pustaka
secara sistematis menggunakan aplikasi mandeley. Konsep dan teori yang diperlukan dikutip
kemudian dikomparasikan dan disentesis untuk membuat kesimpulan secara deduktif. Temuan
penelitian adalah kompetensi inti dan kompetensi pendukung yang perlu dikuasai oleh seorang
tenaga kerja agar survive pada era indutri 4.0. mencakup tiga hal, yaitu learnability, agility, dan
curiosity. Sedangkan kompetensi pendukung mencakup delapan kompetensi yaitu: keinginan
untuk sukses, kemampuan penanganan data, penyelesaian masalah strategis, ketajaman usaha
dan mencari peluang, kolaborasi dalam dunia maya, komunikasi digital, ketahanan mental
dalam tekanan, dan coaching mindset. Temuan pada bidang filosofi pendidikan vokasional,
yaitu idealism, realisme, pragmatisme, dan rekonstruksionisme dengan pendekatan
pembelajaran pedagody, andragogy, heutagogy, dan cybergogy. Temuan penelitian dalam
model-model pembelajaran, adalah pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis
Produksi, Pembelajaran Berbasis Kerja, Pembelajaran teaching factory, Pembelajaran Inkuiri,
Pembelajaran discovery, dan Pembelajaran STEAM.
Kata Kunci: Transformasi digital, kompetensi inti, bidang kajian PT
Tahun(not set)