Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulLITERASI ASSESSMENT FOR LEARNING MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
JenisPrototype
DeskripsiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami literasi Assessment for Learning dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Fokus peneitian ini adalah bagaimana mahasiswa memahami konsep Assessment for Learning yang meliputi 6 dimensi sesuai framework yang dikembangkan oleh Alonzo (2016) yakni Guru sebagai Penilai, Guru sebagai Ahli Pedagogi, Guru sebagai Mitra Pelajar, Guru sebagai motivator, Guru sebagai pembelajar, serta Guru sebagai Mitra Pemangku Kepentingan. Penelitian ini melibatkan sejumlah 165 responden yakni mahasiswa Prodi PBI yang telah berada minimal di semester 4. Sejumlah 42 butir kuesioner Assessment for Learning yang dikembangkan Alonzo (2016) digunakan dalam penelitian ini. Analisis faktor konfirmatori dengan Mplus digunakan untuk memastikan bahwa ke-6 dimensi tersebut muncul dalam penelitian ini. Selanjutnya data diuji dengan MANOVA untuk melihat apakah dimensi Assessment for Learning yang muncul dari data penelitian ini berbeda berdasarkan variabel demografis responden, seperti jenis kelamin, usia, semester, IPK hingga harapan study lanjut. Hasilnya menunjukkan bahwa ke enam dimensi assessment for learning tersebut muncul dari data yang dikumpulkan. Dengan kata lain, mahasiswa Prodi PBI FBS UNY memiliki pemahaman yabahwa tugas guru adalah sebagai Penilai, Ahli Pedagogi, Mitra Pelajar, motivator, pembelajar, serta Mitra Pemangku Kepentingan. Hasil uji MANOVA meterhadap ke enam dimensi tersebut menunjukan bahwa mahasiswa Prodi BPI FBS UNY melaporkan adanya perbedaan dalam hal ke enam dimensi tersebut berdasarkan jenis kelamin serta pendidikan yang diharapkan nantinya.
Tahun(not set)