Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulKualitas Buku Teks Ajar Basa Jawa Kelas 4 SD Berdasarkan Parameter BSNP dan Uji Fry
Jenis
DeskripsiPengkajian kualitas buku ajar penting untuk dikaji dalam rangka mengukur kesesuaiannya dengan kebutuhan peserta didik dan keselarasan dengan kurikulum. Buku Teks “Ajar Basa Jawa (ABJ)” merupakan buku mata pelajaran Bahasa Jawa yang digunakan bagi siswa SD di DIY. Pengkajian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan parameter BNSP dan secara kuantitatif berdasarkan keterbacaan uji fry.
Metode penelitan dalam kajian ini yaitu penelitian deskriptif. Instrumen penelitian terdiri atas (1) kualitas keterbacaan parameter keterbacaan Grafik Fry dan (2) instrumen parameter keterbacaan dari BSNP. Instrumen kualitas buku parameter BSNP terdiri atas kelayakan (a) isi, (b) kebahasaan, (c) penyajian, dan (d) kegrafikan. Keabsahan data diperoleh dengan teknik keabsahan ketekunan dan kecermatan pengamatan, kajian berulang, dan pengecekan sejawat. Analisis kualitatif dengan parameter BSNP dan kuantitatif berdasar Grafik Fry.
Hasilnya (1) berdasarkan analisis Grafik Fry, buku ABJ kelas 4 SD belum memenuhi keterbacaan sebagai buku kelas 4 yang baik. Berdasarkan parameter BSNP buku ABJ dalam kategori kurang, dan berdasarkan pemetaan uji fry lebih cocok untuk kelas 7. Hal ini disebabkan oleh (a) kata-kata yang bersilabe 3-4 silabe, (b) kata-kata sulit, (c) kesalahketikan/ketikdakcermatan penulis yang bervariasi, (d) kata ambigu, dan (e) kalimat terlalu panjang. Penggunaan buku teks Ajar Basa Jawa perlu diselaraskan dengan perkembangan peserta didik dan kurikulum Bahasa Jawa di SD yang berlaku.

Tahun(not set)