Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusProduk
JudulREKONSEPTUALISASI PEDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN AFEKTIF BERBASIS K-13 PADA SMA/SMK
Jenis
DeskripsiTujuan atau target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah merumuskan kembali aspek karakter yang menjadi prioritas untuk dikembangkan di sekolah dengan memadukan tujuan nasional pendidikan dan tantangan era globalisasi. Dari aspek karakter tersebut akan dikembangkan model instrumen evaluasi yang sederhana dan mudah dilakukan oleh guru agar membantu guru untuk mengimplementasikannya di sekolah. Luaran yang diharapkan adalah aspek karakter utama yang perlu diajarkan di sekolah, model penilaian karakter, artikel jurnal, dan poster Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dua jenis penelitian, yaitu penelitian deskriptif dan penelitian pengembangan (R&D).
Penelitian deskriptif dilakukan dengan kajian literatur dan penyebaran angket kepada responden (guru) untuk menjaring aspek karakter yang menjadi skala prioritas dan penilaian guru tentang instrumen karakter yang sedang digunakan di sekolah saat ini. Subjek penelitian adalah 13 guru SLTA yang dipilih dengan metode purposive sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data angket yang diperoleh. Untuk mengembangkan model penilaian karakter dilakukan dengan model Penelitian pengembangan. Penelitian ini memayungi dua penelitian mahasiswa yang dijadikan sebagai tugas akhir skripsi mereka.
Hasil penelitian 1) lima aspek karakter yang menduduki peringkat lima besar sebagai karakter yang perlu dijadikan fokus pendidikan karakter di sekolah adalah religiusitas, kejujuran, disiplin, tanggung jawab dan kerja keras. Kelima aspek tersebut merupakan aspek yang mendapatkan peringkat tertinggi dipilih oleh lebih dari 50% responden. 2) instrumen pengukuran karakter aspek kedisiplinan dan tanggung jawab yang berupa lembar observasi terbukti valid dan layak digunakan karena responden memberi penilaian “baik” terhadap kedua instrumen tersebut. Kata kunci: karakter, pendidikan karakter, penilaian
Tahun(not set)