Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulPenggunaan Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika Molekuler
JenisKebijakan
DeskripsiMata kuliah Genetika Molekuler (BIO 8205) adalah mata kuliah teori tanpa praktikum yang akan pengembangkan keilmuan dengan cara lebih mendalam dalam bidang molekuler khususnya yang berkaitan dengan genetika atau pewarisan sifat pada makhluk hidup. Selama ini, perkuliahan Genetika Molekuler masih terbatas menggunakan bahan bacaan yang disediakan oleh dosen dan juga materi yang disampaikan di dalam kelas. Dengan implementasi Blended Learning pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat terbiasa belajar mandiri dan dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam mendalami materi. Tahap persiapan dimulai dengan diadakannya rapat terbatas dengan seluruh anggota Tim pengajar. Rencana Perkuliahan Semester (RPS) hasil diskusi tim kemudian disesuaikand engan metode Blended Learning yang akan diterapkan. Dari 16 kali pertemuan yang dijadwalkan, metode Blended Learning hanya dapat diaplikasikan pada 3 pertemuan terakhir saja. Hal ini disebabkan oleh proses konstruksi materi di dalam Be-Smart yang memakan waktu lama. Hasil dari nilai pre-test dan postest untuk materi Bioinformatika menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik. Pada pelaksanaan semester genap tahun 2019-2020 diharapkan sudah dapat dimplementasikan 100% sehingga dapat dilihat peningkatan kemandirian dan kreativitas mahasiswa dalam proses belajar dengan harapan dapat memperdalam penguasaan materi selalanjutnya.
Tahun(not set)