Detail Luaran Lainnya

Kembali

StatusDraft
JudulMODEL BAHAN AJAR GEOMETRI BANGUN RUANG BERKAIT BUDAYA PADA MAHASISWA PGSD
JenisModel
DeskripsiTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar materi Geometri Bangun Ruang dan Pembelajarannya di SD yang berkualitas sesuai dengan standar materi di PGSD. Materi ini meliputi konsep bangun ruang, luas permukaannya dan volumnya. Macam bangun ruang tersebut adalah kubus, balok silinder, limas tabung kerucut dan prisma.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Plomp. Modifikasi yang dilakukan terhadap model ini yaitu pada waktu tes, evaluasi dan revisi, menjadi validasi, uji coba dan revisi. Penelitian ini melalui tahap penelitian awal dan pengumpulan inforfmasi, perencanaan, pengembangan dan realisasi produk, validasi, revisi. dan dilanjutkan dengan uji coba lapangan sekaligus sebagai uji kefektifan. Namun demikian pada tahap awal ini baru sampai pada tahap validasi dan revisi; uji coba lapangan dan uji keefektifan direncanakan tahun depan.
Pada tahap awal, hasil penelitian yang diperoleh adalah informasi dari pembelajaran bangun ruang di SD dan perkuliahan di PGSD yang belum sesuai harapan, merupakan pertimbangan dan masukan dalam menyusun bahan ajar. Design bahan ajar, instrumen penilaian (validasi) ahli guna menentukan kevalidan bahan ajar geometri bangun ruang dan pembelajarannya di SD juga terealisasi. Dari hasil validasi ahli menunjukkan bahwa model bahan ajar geometri bangun ruang, baik dari segi materi, bahasa, tampilan dan aspek budaya menunjukkan rata-rata baik sekali, walau pun ada beberapa komponen yang masih dalam kategori baik. Dengan demikian bahan ajar geometri bangun ruang dengan pembelajarannya di SD layak digunakan, walaupun tetap masih memerlukan uji coba.
Kata Kunci: Bahan Ajar Bangun Ruang , Perkuliahan di PGSD
Tahun(not set)